Jurnal Manajemen Pelayanan Publik
Vol 3, No 1 (2019): Jurnal Manajemen Pelayanan Publik

ANALISIS KUALITAS PELAYANAN RAWAT JALAN PADA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH (RSUD) KOTA DUMAI

Hengky Krismanto (Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Lancang Kuning Dumai)
Surya Irianto (Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Lancang Kuning Dumai)



Article Info

Publish Date
14 May 2020

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif, dimana penelitian deskriptif kualitatif digunakan untuk menggambarkan suatu situasi tentang  tingkat Kualitas Pelayanan Rawat Jalan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Dumai. Dilihat dari jumlah kunjungan pasien, pasien rawat jalan  terus mengalami peningkatan setiap tahunnya jumlah kunjungan yaitu pada tahun 2018 sebanyak 96.590 kunjungan dengan rata-rata 334 pasien berkunjungan sehari sedangkan pada 2017 sebanyak 87.922 kunjungan dengan rata-rata 305 pasien per hari dan kunjungan pada 2016 sebanyak 79.129 dengan  kunjungan rata-rata sehari 275 pasien . Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana Kualitas Layanan Rawat Jalan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Dumai. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas Layanan Rawat Jalan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Dumai dilihat dari aspek tangible, reliability, responsiveness, assurance dan empathy. Kesimpulannya, penelitian membuktikan bahwa kualitas Layanan Rawat Jalan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Dumai ternyata dianggap kurang baik, karena masih banyak keluhan dari pasien dan masyarakat. Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat dalam meningkatkan kualitas pelayanan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Dumai, agar sesuai dengan harapan dan visi, misi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Dumai.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jmpp

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences Transportation

Description

Jurnal ini diterbikan berkala oleh Departemen Administrasi Publik FISIP Universitas Padjadjaran dua kali dalam setahun. (Agustus dan Februari). Memuat Hasil Penelitian dan analisis teori yang berkaitan dengan perencanaan pelayanan publik, metodologi kontemporer dalam masalah-masalah publik , isu ...