EMPATI
Vol 7, No 1 (2020): Empati

BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK ROLE PLAYING UNTUK MENGEMBANGKAN REGULASI EMOSI

Lathifa Amalia Firdaus (Universitas PGRI Semarang)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2020

Abstract

Regulasi emosi adalah cara individu mengolah emosi yang  individu miliki, kapan  individu  merasakannya  dan  bagaimana  individu  mengalami  atau mengekspresikan  emosi  tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing terhadap regulasi emosi siswa. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif desain true eksperimen. Populasi penelitian siswa kelas X AKL SMK N 2 Semarang. Sampling yang digunakan dalam penelitian ini simple random sampling. Analisis hasil perhitungan Uji t signifikansi (sig) <0.05. Nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0.002<0.05. Nilai ttabel=2.110. Uji-t dengan SPSS 16.0 for windows, diketahui thitung=3.597. thitung>ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga hipotesisnya (Ha) berbunyi “ada pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing terhadap regulasi emosi siswa kelas X SMK N 2 Semarang” diterima. 

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

EMPATI

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

EMPATI - Jurnal Bimbingan dan Konseling merupakan jurnal ilmiah hasil penelitian di bidang Bimbingan dan Konseling, yang diterbitkan oleh Program Studi Bimbingan dan Konseling FIP Universitas PGRI Semarang. Jurnal ini terbit dua kali dalam satu tahun, dibulan April dan Oktober, untuk memasukkan ...