Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika
Vol 11, No 1 (2020): April 2020

Implementasi Pembelajaran Berbasis Praktikum Pada Konsep Taraf Intensitas Bunyi untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Peserta Didik

Rizki Zakwandi (UIN Sunan Gunung Djati)
Endah Kurnia Yuningsih (UIN Sunan Gunung Djati)
Winda Setya (UIN Sunan Gunung Djati)



Article Info

Publish Date
24 Apr 2020

Abstract

Pelaksanaan kegiatan praktikum pada materi gelombang bunyi masih merupakan sesuatu yang jarang dilakukan. Pada konsep intensitas dan taraf intensitas khususnya sangat jarang dilakukan kegiatan praktiku. Penelitian ini bertujuan untuk meninjau keterlaksanaan kegiatan pembelajaran fisika berbasis praktikum pada materi intensitas dan taraf intensitas bunyi serta menganalisis dampak yang diberikan pada penguasaan konsep peserta didik. Pelaksanaan pembelajaran dilakukan dengan mengacu pada sintak praktikum verifiaksi menggunakan bantuan LKPD. Data pada penelitian ini dikumpulkan menggunakan lemar observasi, pretest, dan posttest. Data lembar observasi dijadikan sebagai indikator keterlaksanaan yang dianalisis menggunakan rubrik penilaian. Data pretest dan posttest dianalisis menggunakan <g> dan uji statistik yang dijadikan sebagai indikator peningkatan penguasaan konsep peserta didik. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat peningkatan pembelajaran pada level sedang dengan keterlaksanaan pembelajaran pada kategori baik. Hal yang perlu ditingkatkan adalah kemampuan matematis peserta didik yang sangat berkaitan erat dengan proses analisis pada kegiatan praktikum. Pada tahap implementasi berikutnya, kegiatan praktikum ini dapat diterapkan dengan model longtime ekperimen dimana antar kelompok tidak dapat melakukan pengambilan data secara bersama terkait kemampuan alat ukur yang bekerja menggunakan sensor yang sangat sensitif.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JP2F

Publisher

Subject

Physics

Description

Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika (JP2F), with a registered number ISSN 2086-2407 (Print), ISSN 2549-886X (online) is a scientific journal published by the Physics Education Study Program Universitas PGRI Semarang. The purpose of the publication of this journal is to disseminate conceptual ...