JURNAL PENELITIAN ILMU PENDIDIKAN
Vol 13, No 1 (2020): Maret

Pengaruh regulasi diri dan kedisiplinan terhadap kemandirian belajar siswa di sekolah dasar

Arifah Yuli Purwaningsih (Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta)
Herwin Herwin (Pendidikan Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
08 Jun 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh regulasi diri dan kedisiplinan siswa terhadap kemandirian siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis ex-post facto. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Kepatihan Purworejo, SD Negeri Sebomenggalan, SD Negeri 2 Baledono, Kecamatan Purworejo, Kabupaten Purworejo. Sampel penelitian sebanyak 56 orang siswa yang dipilih secara random. Data dikumpulkan dengan menggunakan sakala psikologi serta dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial melalui analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa regulasi diri secara parsial berpengaruh terhadap kemandirian belajar siswa; kedisiplinan secara parsial berpengaruh terhadap kemandirian belajar siswa; serta regulasi diri dan kedisiplinan secara bersama-sama berpengaruh terhadap kemandirian belajar siswa.

Copyrights © 2020