Perkembangan ยท dan kemaj'111n teknologi informasi mempengaruhisistem kerja dan 1kinerja jJubagai pusat sumber belajar. Kinerjaerpustakaan sebagai salah satu jenis pusat sumber belajar sangatdipengaruhi oleh perkembangan teknologi. informasi. Parapustakawan, stuf pcrpustukuan dan tenaga pendukung pusat-pusutsumber belajar, khususnya di perguruan tinggi mula berbenah diri.Perkembangan dan tuntutan kebutuhan informasi pemakaimendorong perpust1c1kaan menerapkan dan mengintegrasikanteknologi informasi dalam bentuk sistem komputerisasi.Perpustakaan memiliki fungsi strategis sebagai wahana beJajar dansumber informasi belajar. Persoalannya pengintegrasian teknologipada perpustakaan tidaklah sesederhana yang dibayangkan.Anggapan bahwa peran dan tugas staf perpustakaan danpustawakan menjadi berkurang mengindikasikan bahwapengintegrasian teknologi be I um diintegrasikan .sebagai pendukungpencapaian tujuan pembelajaran. Tersediannya sarana akses dandapat mencari informasi yang dikehendaki tidaklah cukup bagimahasiswa. Pustakawan, staf perpustakaan bersama dosen danmahasiswa harus mengembangkan kemampuan-kemampuan dasardalam mengorganisir, menganalisis, memecahkan masalah danberpikir lanjut yang dapat meningkatkan kemampuan belajar danmerubah cara belajar. Pustakawan, dosen dan mahasiswa harussating bekerjasama untuk meningkatkan kemampuan mengolah,menyeleksi, menganalisis, mengorganisir dan memecahkanmasalah sehingga mendukung pencapaian tujuan pembelajaranyang diharapkan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2005