MAJALAH ILMIAH PEMBELAJARAN
No 1 (2005): Jurnal Majalah Ilmiah Pembelajaran Edisi Mei 2005

PEMBELAJARAN ANIMASI KOMPUTER MENGGUNAKAN PENDEKATAN MUTLI METODE

Pujiriyanto Pujiriyanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 May 2020

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang ditujukanuntuk mengembangkan sebuah model pembeJajaran sekaligus menilaiefektifitasnya dalam mencapai tujuan pembelajaran. Penelitiandilaksanakan pada mata kuliah anirriasi komputer melalui riset aksipartisipatoris mengintegrasikan tiga pendekatan yaitu experientiallearning, goal base scenario learning dan problem base learning.Penelitian ini melibatkan pihak mitra cxalon pemanfaat program,mahasiswa peserta mata kuliah animasi, expert team dan peneliti.Langkah-langkah pengembangan menggunakan langkah-langlah yangdikemukakan Brog and Gall.· f:lasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran multi-metode., · ·J~yak dilrembangkan dan terbukti memberikan manfaat signifikan. Dari. : Oji skala kecil 96,25 % menyatakan penting dan 3,75 tidak penting. Uji.. lapangan perlulaan 14,08 % menyatakan sangat mungkin diterapkan,67,6 % menyatakan mungkin, 15,49 % menyatakan kurang mungkindan hanya 0,28 inenyatakan tidak mungkin. Dari dalam uji lapanganutama· 6 % mahasiswa manyatakan mendapat manfaat sangat signifikan,57 % menyatakan signifika:n, 35 % kurang mendapat manfaat, I % tidakmendapat manfaat dan l % tidak efektifitas produk dapat dilihat darirerata skor kualitas working paper mahasiswa 2004 lebih tinggi yaitu29,I dibanding ~ahasiswa 2003 sebesar 22.Secara umum model ini dapat layak untuk dikembangkan lanjut dan.. ~apat memberikan manfaat optimal terhadap semua pihak yang terlibat. · 'apabila ada persiapan lebih matang dan tersedianya waktu untuk' mengimplementasikan.

Copyrights © 2005