Tadulako Journal Sport Sciences And Physical Education
Vol 8, No 1 (2020)

PENERAPAN MODEL SELF-DIRECTED LEARNING (SDL) DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN JASMANI DI SEKOLAH DASAR

Kurdi, Kurdi (Unknown)
Qomarullah, Rif’iy (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Jun 2020

Abstract

Penelitian yang dilaksanakan bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran self-directed learning (SDL). Desain penelitian yang digunakan adalah PTK (penelitian tindakan kelas) yang dilaksanakan pada siswa kelas 5 SD Negeri 3 Abepura berjumlah 34 orang. Siklus dalam PTK ini yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamata, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, angket, catatan lapangan, tes dan dokumentasi. Materi yang digunakan adalah permaninan bola besar. Hasil penelitian ini menunjukkan keberhasilan penerapan model, hal ini ditandai pada siklus III menunjukkan respon siswa yang sangat baik, lembar pengamatan menunjukkan kategori baik, dan > 75% siswa telah memeroleh ketuntasan belajar.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

PJKR

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Physics Other

Description

Menerbitkan artikel dengan standar tinggi pada berbagai aspek pendidikan jasmani, kesehatan dan rekreasi yang meliputi sejumlah basis disiplin, termasuk model instruksional; pendekatan pengajaran dalam pendidikan jasmani; Metode pengajaran dalam Pendidikan Jasmani; Konten dan pengetahuan kurikulum ...