KUMARA CENDEKIA
Vol 8, No 2 (2020): Kumara Cendekia

PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS ANAK USIA

Tania Yuli Astari (Unknown)
Upik Elok Endang Rasmani (PG PAUD UNS)
Nurul Kusuma Dewi (PG PAUD UNS)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran bahasa Inggris di TK Islam Permata Jajar. Penelitian ini merupakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data penelitian ini yaitu guru, dokumen (rppm, rpph, instrumen penilaian guru), hasil kerja anak, foto dan video. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi, dan observasi. Validitas data dilakukan dengan  teknik triangulasi pada sumber dan teknik. Teknik analisis data yang dilakukan meliputi  reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Penelitian ini mendapatkan hasil media pembelajaran yang digunakan adalah flashcard, laptop, LCD, proyektor, dan buku paket Bahasa Inggris AUD. Metode pembelajaran yang diterapkan adalah TPR (Total Physical Response), metode bernyanyi dan permainan.  Pelaksanaan pembelajaran dilakukan melalui penyusunan RPPH yang meliputi lima kegiatan yaitu sebelum masuk kelas, pembuka, apersepsi, inti, dan penutup.  Penilaian kemampuan anak dilakukan melalui pengamatan, ceklist dan portofolio. Pembelajaran bahasa Inggris anak difokuskan pada kemampuan mendengarkan dan berbicara. Berdasarkan data penelitian dapat disimpulkan pembelajaran bahasa Inggris di TK Islam Permata Jajar telah berjalan dengan baik dan mampu meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris anak.

Copyrights © 2020