Jurnal Geografi
Vol 5 No 1 (2016)

PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIKMODEL DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN CAPAIAN KOMPETENSI LULUSAN PESERTADIDIK DI SMAN 3 MANDAU

Yeni Andriani (Guru SMAN 3 Mandau)



Article Info

Publish Date
11 Apr 2016

Abstract

ABSTRAK Para Guru telah mencoba untuk menggunakan berbagai pendekatan dan metode untuk meningkatkan aktivitas pembelajaran. Fokus dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi pembelajaran dan capaiankompetensi lulusan pembelajaran Geografi, dalam materi Potensi Geografi Indonesia dengan menerapkan pendekatan saintifik dengan model Discovery Learning. Penelitian ini dilakukan pada semester pertama siswa kelas XI IIS tahun pelajaran 2014/2015 di SMAN 3 Mandau. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri atas empat langkah: Perencanaan, pelaksanaan, Observasi dan Refleksi. Data dikumpulkan melalui penggunaan Lembar observasi dari aktivitas pembelajaran, dan juga dari peningkatan capaian kompetensi lulusan pembelajaran peserta didik. Untuk itu, penemuan dari penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan pendekatan Saintifik dengan menggunakan Model Discovery Learning dapat digunakan untuk meningkatkan motivasi pembelajaran dan capaian kompetensi lulusan peserta didik dalam materi Potensi Geografis Indonesia pada mata pelajaran Geografi

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

geo

Publisher

Subject

Earth & Planetary Sciences Education Environmental Science Social Sciences

Description

Journal of Geography adalah jurnal yang dikelola oleh Jurusan Geografi Fakuktas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang. Journal of Geography menerbitkan artikel-artikel ilmiah yang membahas tentang keilmuan keilmuan Geografi, Kependidikan Geografi serta hasil penelitian Ilmiah para Geografer di ...