Pembelajaran yang efektif dapat memberdayakan siswa dalam proses belajar mengajar, salah satunya pembelajaran dengan menggunakan model discovery learning berbasis proyek dengan media tour builder. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Long Ikis dan pengaruh model discovery learning berbasis proyek dengan media tour builder. Jenis penelitian ini kuantitatif dengan metode quasi experimental design. Berdasarkan hasil penelitian kelas eksperimen diperoleh rata-rata nilai pre test 62,7 dan nilai post test 71,4 sedangkan pada kelas kontrol diperoleh nilai pre test 61,3 dan nilai post test 65,5. Hasil analisis data pengujian Independent Sample T-test data pretest dan posttest menunjukkan nilai signifikan 0,000 yang berarti < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat perbedaan hasil belajar pada kelas eksperimen dan kelas kontrol sehingga adan pengaruh pada hasil belajar siswa SMA Negeri 1 Long Ikis setelah menggunakan model discovery learning berbasis proyek dengan menggunakan media tour builder pada mata pelajaran geografi. Sebagai pengajar hendaknya menjadikan model discovery learning berbasis proyek dengan media tour builder ini sebagai salah satu alternatif model pembelajaran yang bisa digunakan di kelas sesuai dengan topik dan konten pembelajaran tertentu yang relevan guna meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi.
Copyrights © 2020