Automata
Vol. 1 No. 1 (2020)

Pengelolaan Data Pelanggan pada Retail Online

Isobel Algar Wibowo (Islamic University of Indonesia)
Sri Mulyati (Islamic University of Indonesia)



Article Info

Publish Date
16 Jan 2020

Abstract

Salah satu bentuk bisnis retail online adalah Ecommerce yang memberikan kemudahan bertransaksi secara online dimanapun dan kapanpun tanpa perlu membuat pelanggan keluar rumah. Penting untuk pihak retail mencari tahu siapa saja pelanggan aktual dan potensial serta hal apa yang memotivasi mereka untuk membeli. Oleh karena itu mereka membutuhkan sebuah sistem untuk mengelola atau memanajemen hubungan mereka dengan para pelanggan yang dapat diwujudkan dengan Customer Relationship Management (CRM). CRM memiliki peran yang sangat penting dan positif dalam pangsa penjualan seperti meningkatkan produktivitas serta memberikan kepuasan dan wawasan yang lebih baik untuk para pelanggan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pengumpulan data dapat dilakukan dengan wawancara. Pengembangan sistem dilakukan dengan metode Prototyping. Sistem CRM diimplementasikan dengan platform website menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL. Sistem memiliki fitur tren penjualan, tren produk, tren wilayah serta tren pembeli aktif.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

AUTOMATA

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Automata mempublikasikan penelitian internal mahasiswa dan dosen Teknik Informatik Universitas Islam Indonesia. Topik-topiknya mencakup: Informatika Teori dan Sistem Cerdas Forensika Digital Sains Data Rekayasa Perangkat Lunak Informatika ...