eL-HIKMAH: Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan Islam
Vol. 11 No. 2 (2017): Desember

Studi Komparasi Pemikiran Muhammad Fethullah Gülen dengan Abdurrahman Wahid tentang Pendidikan Multikultural

Fitria Isnaini (IAIN Mataram)



Article Info

Publish Date
18 Dec 2017

Abstract

Dalam pendidikan multikultural, keragaman merupakan suatu alternatif pendidikan dalam era globalisasi. Tokoh yang intens dengan praktik kehidupan yang multikultural yaitu Muhammad Fethullah Gülen dan Abdurrahman Wahid. Melihat ide dari konsep pemikiran kedua tokoh tersebut, maka perlu diimplementasi dalam pendidikan multikultural yang mana dengan ada dan berlakukan pendekatan melalui konsep pendidikan multikultural kedua tokoh tersebut akan menemukan dan meminimalisir konflik yang ada khususnya terkait keragaman keyakinan, suku, dan lainnya. Kajian artikel ini fokus pada studi komparasi pemikiran antara dua tokoh di atas, yaitu Fethullah Gülen dan Abdurrahman Wahid terkait pendidikan multikultural.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

elhikmah

Publisher

Subject

Religion Education

Description

el-Hikmah: Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan Islam (e-ISSN 2527-4651, p-ISSN 2086-3594) adalah jurnal ilmiah peer-review dan open access yang dikelola dan diterbitkan oleh Prodi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN ) Mataram. Jurnal ini terbit ...