Inovasi Pendidikan Fisika
Vol 9, No 2 (2020)

VALIDITAS PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL INKUIRI TERBIMBING MENGGUNAKAN PENDEKATAN STEM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA

MARDI SANTOSO, GURUH (Unknown)
, MADLAZIM (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Apr 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan validitas dari perangkat pembelajaran model inkuiri terbimbing menggunakan pendekatan STEM untuk meningkatkan kemampuan literasi sains siswa. Perangkat pembelajaran yang dideskripsikan terdiri dari rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), lembar kerja siswa (LKS), Handout. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif-kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran sudah dapat dikatakan valid dan telah layak digunakan. Penilaian validitas pada perangkat berupa RPP menghasilkan nilai kevalidan secara keseluruhan yaitu 3,75 (sangat valid). Kemudian LKS menghasilkan nilai kevalidan secara keseluruhan yaitu 3,40 (valid). Selanjutnya Handout menghasilkan nilai kevalidan keseluruhan yaitu 3,78 (sangat valid). Kata Kunci: model inkuiri terbimbing, validitas, perangkat pembelajaran.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

inovasi-pendidikan-fisika

Publisher

Subject

Education Physics

Description

Jurnal Inovasi Fisika Indonesia(IFI) merupakan jurnal peer-reviewed, ISSN: 2302-4313, yang dikelola dan diterbitkan oleh Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Surabaya (UNESA). Jurnal ini tersedia gratis untuk seluruh pembaca dan mencakup ...