Inovasi Pendidikan Fisika
Vol 9, No 2 (2020)

VALIDITAS PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN STRATEGI MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF

ROHMADHINA JANNAH, DESITA (Unknown)
, SULIYANAH (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Apr 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan validitas perangkat pembelajaran fisika dengan strategi mind mapping untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Perangkat pembelajaran yang ditentukan validitasnya terdiri dari silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), handout, lembar kerja peserta didik (LKPD), lembar evaluasi soal. Hasil persentase validitas dikatakan sangat valid pada rentang 81%-100%. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase validitas silabus sebesar 83,92%, persentase validitas rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) sebesar 81,25%, persentase validitas handout sebesar 83,33%, persentase validitas lembar kerja peserta didik (LKPD) sebesar 84,09%, dan persentase validitas lembar evaluasi soal sebesar 84,09%. Dari hasil validitas perangkat pembelajaran dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran sangat valid digunakan dalam proses pembelajaran. Kata kunci: validitas, perangkat pembelajaran, strategi mind mapping, berpikir kreatif

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

inovasi-pendidikan-fisika

Publisher

Subject

Education Physics

Description

Jurnal Inovasi Fisika Indonesia(IFI) merupakan jurnal peer-reviewed, ISSN: 2302-4313, yang dikelola dan diterbitkan oleh Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Surabaya (UNESA). Jurnal ini tersedia gratis untuk seluruh pembaca dan mencakup ...