AdMathEdu : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Ilmu Matematika dan Matematika Terapan
Vol 10, No 1: Juni 2020

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN HIMPUNAN DENGAN PENDEKATAN REALISTIK BERORIENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

Riza Aldira (Universitas Pendidikan Ganesha)
I Nengah Suparta (Universitas Pendidikan Ganesha)
I Gusti Putu Sudiarta (Universitas Pendidikan Ganesha)



Article Info

Publish Date
12 Jun 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik dan mengetahui kualitas perangkat pembelajaran himpunan dengan pendekatan Matematika Realistik berorientasi pendidikan karakter pada siswa jenjang SMP. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan yang mengacu pada model Plomp (Plomp, 2013) yang terdiri dari tiga fase, yaitu fase penelitian pendahuluan (preliminary research), fase pembuatan prototype (prototyping phase), fase penilaian (assessment phase). Penelitian dilakukan di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Muhammadiyah 1 Denpasar dengan populasi 191 siswa dari lima kelas yang ada Perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah Buku Petunjuk Guru dan Buku Siswa. Perangkat ini dimaksudkan untuk mendukung implementasi pendekatan matematika realistik dalam meningkatkan hasil belajar. Untuk menjamin kualitas perangkat yag dihasilkan, kita lakukan uji / test utnuk aspek kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Berdasarkan analisis data dapat kita simpulkan, perangkat yang dihasikan memiliki kualitas berikut: 1) buku siswa valid dengan rata-rata nilai 3,175 maka dari itu dapat dinyatakan valid dan buku guru valid dengan rata-rata nilai 3,128 dinyatakan valid. 2) angket respon siswa terhadap buku siswa, angket respon guru terhadap buku guru, dan pengamatan keterlaksanaan pembelajaran dapat dinyatakan praktis. 3) Tes hasil belajar siswa dan instrumen sikap kerja keras tergolong dalam kategori sangat baik.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

AdMathEdu

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Admathedu is a peer-reviewed open access journal published twice in a year (June and December) since 2011. The Admathedu aims to provide an national forum for researchers and professionals to share their ideas on all topics related to mathematics ...