Tujuan dari penelitian ini untuk menciptakan produk yang valid dan efektif ketika digunakan oleh mahasiswa pada mata kuliah sistem AC kompetensi praktik pengosongan dan pengisian refrigerant. Penelitian ini mengunakan metode R&D dengan model 4D yaitu define, design, develop dan disseminate, menggunakan pola posttes-only control design. Hasil pengujian validitas multimedia diperoleh skor akhir 3,23 dikonsultasikan dalam tabel konversi skala 4 dinyatakan valid denagn kriteria “Layakâ€Â, sehingga multimedia dapat digunakan untuk uji coba. Hasil pengujian efektifitas menyatakan bahwa multimedia efektif terbukti dari uji t dengan taraf signifikansi 5% serta dk = n1-1 dengan kriteria Thitung < Ttabel ada perbedaan, diperoleh Thitung= 0,3566< Ttabel= 1,71. Ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan hasil posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol sesudah menggunakan multimedia.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2019