Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran kegiatan eduwisata di Pesantren Entrepreneur Al Mawaddah Honggosoco Jekulo Kudus dalam meningkatkan kecerdasan interpersonal santri, dan untuk mengetahui faktor pendukung serta penghambatnya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan metode deskriptif, data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder, dengan teknik pengambilan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan  pertama, Peran Pesantren Entrepreneur Al Mawaddah dalam meningkatkan kecerdasan interpersonal santri melalui kegiatan eduwisata dirancang dengan konsep yang matang. Bagi santri, di dalamnya terdapat rangkaian kegiatan seperti menjadi trainer dan menjadi tour leader sehingga dapat meningkatkan kecerdasan interpersonal  atau kecerdasan sosial santri. Hal ini dibuktikan dengan kemampuan mengorganisasikan kelompok, merundingkan pemecahan masalah, menjalin hubungan, dan menganalisis sosial. Kedua, Faktor pendukung dan penghambat baik faktor internal dan eksternal. Faktor internal; keaktifan santri dan semangat santri, sedangkan faktor eksternal; fasilitas dan motivasi dari pihak pengasuh.The purpose of this study was to see the role of educational activities in the Al Mawaddah Honggosoco Jekulo Kudus Entrepreneur Islamic Boarding School in increasing the interpersonal intelligence of students, and to see the supporting and inhibiting factors. This research is a qualitative research using descriptive method, the data used are primary data and secondary data, with data collection techniques interview, observation, and documentation. The results of this study can replace the first time, the role of the Entrepreneurship Islamic Boarding School Al Mawaddah in increasing the interpersonal intelligence of students through educational activities designed with a mature concept. For students, it includes a series of activities such as being a trainer and becoming a tour leader so that it can improve students' interpersonal intelligence or social intelligence. This is evidenced by the ability to organize groups, negotiate problems, establish relationships, and analyze socially. Second, factors supporting and inhibiting, internal and external factors. Internal factors come from, the activeness of the students and the spirit of the students, while external factors ; facilities and motivation from the caregiver.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2020