JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN SOSIAL HUMANIORA
Vol. 4 No. 1 (2019): JP2SH

PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERCERITA UNTUK MENUMBUHKEMBANGKAN EMPATI ANAK USIA DINI

Sukmawarti, Nurhidayah (UMN Al Washliyah)



Article Info

Publish Date
21 May 2019

Abstract

Salah satu permasalahan Anak Usia Dini adalah belum optimalnya pertumbuhan dan perkembangan empati anak. Empati merupakan suatu konsep sosial yang perlu dikenalkan kepada anak karena memiliki peranan penting dalam pengembangan keterampilan sosialnya. Rasa empati anak bukanlah terbentuk secara tiba-tiba, namun merupakan imitasi dan pembiasaan. Belum optimalnya perkembangan empati anak antara lain disebabkan kurang tepatnya kegiatan pembelajaran yang diterapkan. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana model pembelajaran bercerita yang dikembangkan sehingga dapat menumbuhkembangkan empati anak usia dini? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan model pembelajaran bercerita dalam upaya menumbuhkembangkan empati anak usia dini. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan model Borg and Gall, dengan tahapan Define, Design, Develop, Eksperimen Produk, dan Model Produk. Subjek penelitian adalah anak kelompok B PAUD Az-Zaitun Medan. Objek penelitian adalah rasa empati Anak Usia Dini. Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa model pembelajaran bercerita signifikan dalam menumbuhkembangkan empati anak. Disarankan kepada guru PAUD agar dapat menerapkan model pembelajaran bercerita sebagai salah satu alternatif model pembelajaran yang dapat menumbuhkembangkan empati anak.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JP2SH

Publisher

Subject

Religion Agriculture, Biological Sciences & Forestry Humanities Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

urnal Penelitian Pendidikan Sosial Humaniora (JP2SH) adalah jurnal yang menggunakan model blind review yang dapat diakses online. Tujuan dari JP2SH adalah untuk menerbitkan jurnal yang berisi artikel berkualitas yang akan dapat menyumbangkan pemikiran dari perspektif teoritis dan empiris untuk ...