Gravity : Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika
Vol 5, No 2 (2019)

BLENDED LEARNING BERBANTUAN WHATSAPP: PENGARUHNYA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH

Wayan Suana (Universitas Lampung)
Mirda Raviany (Universitas Lampung)
Feriansyah Sesunan (Universitas Lampung)



Article Info

Publish Date
28 Jul 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh blended learning berbantuan Whatsapp pada materi listrik statis terhadap kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah siswa. Penelitian ini adalah jenis penelitian eksperimen semu dengan desain the non-equivalent control group design. Data pada penelitian ini dikumpulkan melalui tes. Uji independent sample t-test digunakan untuk menguji pengaruh model blended learning terhadap kemampuan berpikir kritis dan kemampuan pemecahan masalah siswa. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan mengenai kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah siswa antara kelas eksperimen yang menggunakan blended learning dengan kelas kontrol yang menggunakan direct instruction. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini yaitu penggunaan blended learning berbantuan Whatsapp berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis dan kemampuan pemecahan masalah siswa.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

Gravity

Publisher

Subject

Astronomy Earth & Planetary Sciences Education Materials Science & Nanotechnology Physics

Description

The focuses of the manuscript received in the Gravity journal is limited to the topic: Physics Education (Media, Educational Policy, Assessment, Learning Model) Theoretical Physics Material Physics Earth and Environmental Physics Astrophysics Medical Physics Computational Physics and ...