Gravity : Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika
Vol 2, No 2 (2016)

KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA: PROFIL DAN SETTING PEMBELAJARAN UNTUK MELATIHKANNYA

Siswanto Siswanto (Unknown)
Yusiran Yusiran (Unknown)
M F Fajarudin (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2017

Abstract

Telah dilakukan penelitian untuk menganalisis profil keterampilan proses sains dan kemandirian belajar siswa SMP pada sekolah di Kabupaten Grobogan. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif dengan subjek penelitian sebanyak 60 siswa pada dua Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Grobogan. Data dikumpulkan menggunakan tes pilihan berganda, angket, lembar observasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa keterampilan-keterampilan proses sains perlu mendapat perhatian khusus agar dikembangkan dan dilatihkan dalam setiap diri siswa karena hanya dikuasasi oleh 20%-50% siswa, terutama keterampilan menginterpretasikan grafik dan berkomunikasi. Selain itu, kemandirian belajar siswa secara umum masih rendah sehingga perlu dilatihkan secara terus menerus dalam diri siswa. Inovasi model pembelajaran berbasis proyek menggunakan pendekatan saintifik dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan kemandirian belajar siswa.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

Gravity

Publisher

Subject

Astronomy Earth & Planetary Sciences Education Materials Science & Nanotechnology Physics

Description

The focuses of the manuscript received in the Gravity journal is limited to the topic: Physics Education (Media, Educational Policy, Assessment, Learning Model) Theoretical Physics Material Physics Earth and Environmental Physics Astrophysics Medical Physics Computational Physics and ...