penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan model pembelajaran peer tutoring dan pengaruh terhadap peningkatan komunikasi matematis pada pokok pembahasan persamaan lingkaran di SMAK Sint Carolus Kupang tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini dilakukan oleh siswa kelas XI IPA1 yang berjumlah 26 orang siswa.instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi dan tes peningkatan komunikasi siswa sebanyak 3 butir soal berbentuk uraian. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu hasil observasi pencapaian indikator uji-t dan N-Gain berdasarkan hasil observasi dan pencapaian indikator, diperoleh peningkatan komunikasi matematis tergolong kategori tinggi berdasarkan perhitungan uji-t menunjukkan thitung = 18.260 dan ttabel = 0.059 pada taraf signifikan 5% yang berarti thitung >ttabel, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan perhitungan Uji N-Gain menunjukkan rata-rata yaitu 19,82 sedangkan hasil perhitungan nilai N-Gain yaitu 0.762307692 termaksud dalam kategori tinggi sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa ada pengaruh model pembelajaran peer tutoring terhadap peningkatan komunikasi matematis siswa.
Copyrights © 2020