Wahana Didaktika
Vol. 12 No. 3 (2014): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan

HIPOTESIS PEMEROLEHAN BAHASA DAN PEMEROLEHAN SINTAKSIS

Hayatun Nufus (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Jan 2015

Abstract

AbstrakPenguasaan aspek-aspek kebahasaan oleh seseorang dapat berlangsung melalui pemerolehan bahasa (language acquisition),  dapat pula berlangsung melalui pembelajaran bahasa (language learning). Rumusan masalah dalam penulisan ini adalah (1) apakah yang  dimaksud dengan pemerolehan bahasa? (2) bagaimanakah pemerolehan bahasa menurut hipotesis nurani? (3) bagaimanakah pemerolehan bahasa menurut hipotesis tabularasa?(4) bagaimanakah pemerolehan bahasa menurut hipotesis kesemestaan kognitif? (5) Bagaimanakah cara pemerolehan sintaksis pada anak-anak? Tujuan penulisan ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan hipotesis pemerolehan bahasa dan pemerolehan sintaksis. Hipotesis pemerolehan bahasa adalah Hipotesis  nurani, hipotesis ini  dibedakan  menjadi hipotesis nurani bahasa dan hipotesis nurani mekanis, hipotesis teori tabularasa yang berasumsi bahwa otak bayi pada waktu dilahirkan  sama seperti kertas kosong yang nanti  akan ditulis atau diisi dengan pengalaman dan hipotesis kesemestaan kognitif berasumsi bahwa bahasa diperoleh berdasarkan struktur-struktur kognitif deriamotor.  Kata Kunci:  Hipotesis, Pemerolehan, Bahasa, dan Sintaksis

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

didaktika

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal wahana didaktika terbit setiap Januari, mei dan september Artikel-artikel yang diterbitkan dalam Jurnal Wahana didaktika termasuk hasil dari bidang penelitian kualitatif; konseptual; dan tinjauan literatur. Serangkaian penelitian yang meliputi Ilmu ...