Wahana Didaktika
Vol. 17 No. 2 (2019): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan

MENGKAJI KURIKULUM DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 BAGI PENDIDIKAN VOKASI

Unung Verawadina (IKIP PGRI PONTIANAK)
Nizwardi Jalinus (Universitas Negeri Padang)
Lise Asnur (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
28 May 2019

Abstract

Pendidkan vokasi merupakan pendidikan yang mencetak lulusan yang siap kerja yang seyogyanya memiliki keterampilan sesuai kebutuhan dunia kerja. Numun sejalan memasuki era reovolusi idusri 4.0 menunjukan dampak hibradisasi perubahan di lembaga pendidikan dan kebutuhan kerja di industri. Tujuan penulisan artikel ini untuk mengkaji memberikan penjelasan kurikulum di era revolusi industri 4.0 bagi pendidikan vokasi. Berdasarkan hasil kajian diperoleh perlunya pengembangan kurikulum menyesuaikan era revolusi industri 4.0 agar lebih relevan seperti adanya keterampilan baru  yakni coding, big data, artificial intelligence,  menerapkan pembelajaran belended learning secara tatap muka dan online, diperlukan juga penguasaan kompetensi 4.0 seperti literasi data, literasi teknologi dan literasi manusia. Selain itu dipadukan juga dengan kompetensi di abad XXI. Agar perubahan kurikulum berdampak tinggi maka pemerintah, lembaga pendidikan, industri harus bresinergi merevitalisasi kurikulumyang sesuai, pemilihan pendekatan kurikulum vokasi juga harus diperhatikan. Peranan peserta didik dan pengajar juga harus dapat menampilkan performance yang baik dalam menjalankan proses belajar mengajar.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

didaktika

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal wahana didaktika terbit setiap Januari, mei dan september Artikel-artikel yang diterbitkan dalam Jurnal Wahana didaktika termasuk hasil dari bidang penelitian kualitatif; konseptual; dan tinjauan literatur. Serangkaian penelitian yang meliputi Ilmu ...