Isu yang berkembang dalam dunia pendidikan dewasa ini adalah rendahnya mutu pendidikan Indonesia. Dan, kecenderungan siswa yang pesimis dalam pembelajaran matematika karena pandangan siswa terhadap matematika yang masih dianggap mata pelajaran yang sulit. Penelitian ini bertujuan untuk: menganalisis keefektifan model PBL bermedia E-Edmodo, yang ditandai dengan: (1) kemampuan literasi matematika pada PBL bermedia E-Edmodo telah mencapai ketuntasan klasikal yaitu minimal 75% mahasiswa mencapai nilai KKM 70; (2) kemampuan literasi matematika pada PBL bermedia E-Edmodo lebih baik daripada kelas kontrol; (3) terdapat peningkatan kemampuan literasi matematika pada PBL bermedia E-Edmodo. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Subjek penelitian kuantitatif dalam penelitian ini adalah mahasiswa kelas 4H (kelas eksperimen) dan kelas 4I (kelas kontrol) PGSD Universitas PGRI Palembang. Teknik pengambilan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Berdasarkan analisis data didapatkan kesimpulan bahwa: pembelajaran dengan model PBL bermedia E-Edmodo efektif yang ditandai dengan tercapainya ketuntasan klasikal pada kelas yang menggunakan model PBL bermedia E-Edmodo, rata-rata kemampuan literasi matematika mahasiswa pada pembelajaran model PBL bermedia E-Edmodo lebih tinggi dari kelas dengan model PBL Saintifik, terdapat peningkatan kemampuan literasi matematika pada PBL bermedia E-Edmodo sebesar 62%.
Copyrights © 2019