Wahana Didaktika
Vol. 17 No. 2 (2019): Wahana Didaktika Jurnal Ilmu Kependidikan

PENULISAN MAKALAH MAHASISWA PADA MKU BAHASA INDONESIA DENGAN METODE MIND MAPPING

Dian Nuzulia Armariena (Universitas PGRI Palembang)



Article Info

Publish Date
28 May 2020

Abstract

AbstrakKeterampilan menulis adalah kemampuan berbahasa yang kompleks. Kebanyakan orang mengalami kesulitan dalam menguasai keterampilan menulis. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengembangkan kemampuan menulis makalah yang dirancang melalui rencana pembelajaran dengan melibatkan mahasiswa dengan metode mind mapping. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa berdasarkan analisis data untuk menguji hipotesis dengan menggunakan uji-t diperoleh hasil menunjukkan bahwa thitung = 3,27 dimana thitung lebih besar daripada ttabel = 1,67, maka dapat disimpulkan ada pengaruh model pembelajaran mind mapping terhadap keterampilan menulis makalah pada MKU Bahasa Indonesia. 

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

didaktika

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal wahana didaktika terbit setiap Januari, mei dan september Artikel-artikel yang diterbitkan dalam Jurnal Wahana didaktika termasuk hasil dari bidang penelitian kualitatif; konseptual; dan tinjauan literatur. Serangkaian penelitian yang meliputi Ilmu ...