Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar
Vol 3, No 1: Januari 2020

Pengaruh Implementasi Pembelajaran Saintifik Berbasis Keterampilan Belajar Dan Berinovasi 4C Terhadap Hasil Belajar IPA Dengan Kovariabel Sikap Ilmiah Pada Peserta Didik Kelas V SD Gugus 15 Kecamatan Buleleng

Dian Meilani (PGSD Universitas Muhammadiyah Kupang)
N. Dantes (PGSD Universitas Muhammadiyah Kupang)
I.N. Tika (PGSD Universitas Muhammadiyah Kupang)



Article Info

Publish Date
23 Jan 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh implementasi pembelajaran saintifik berbasis keterampilan belajar dan berinovasi 4C (Critical Thinking and Problem Solving, Creativity and Innovation, Communication, dan Collaboration) terhadap hasil belajar IPA dengan kovariabel sikap ilmiah pada peserta didik kelas V SD. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD di Gugus 15 kecamatan Buleleng yang berjumlah 198 orang dan sampel yang digunakan sebanyak 46 orang, dengan Teknik pengambilan sampel random sampling. Data dianalisis menggunakan uji ANAVA Satu Jalur, uji ANAKOVA, dan Uji Product Moment.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

elementary

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal elementary merupakan jurnal yang memuat naskah atau hasil penelitian di bidang Pendidikan Dasar yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) FKIP UM Mataram dan terbit pertama kali Januari 2018. Jurnal Elementary diperuntukan untuk mempublikasikan tulisan Dosen ...