Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar
Vol 2, No 1: JANUARI 2019

Implementasi Metode Permainan Edukatif Dalam Sciantific Approach Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa MI

Nori Saswita Hebri (MI Al-Fatih NW Prentek)
Nurul Julaifah (Universitas Muhammadiyah Mataram)



Article Info

Publish Date
18 Nov 2019

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan implementasi metode Permainan Edukatif dalam Scientific  Approach untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI di MI Al-Fatih NW Prentek. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini terdiri dari dua siklus dengan empat pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelas VI dengan jumlah siswa 7 orang. Hasil penelitian menunjukkan terjadinya peningkatan pada keterlaksanaan pembelajaran dengan persentase 3,25%, sedangkan pada hasil belajar siswa terjadi peningkatan sebesar 14,28%. Selain itu, siswa memberikan respon yang baik terhadap pembelajaran dengan menggunakan metode Permainan Edukatif.Abstract:This study aims to describe implementation of Educational Play Methods in Scientific Approach to improve student learning outcomes of class VI students at MI Al-Fatih NW of Prentek. The type of research is Classroom Action Research (CAR). This research consisted of two cycles with four meetings. The subjects in this study were students of class VI with a total of 7 students. The results showed that an increase in the feasibility of learning with a percentage of 3.25%, while in student learning outcomes, there is an increase of 14.28%. In addition,students give a good response toward learning by using Educational Play methods.  Abstrak: Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan implementasi metode Permainan Edukatif dalam Scientific  Approach untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI di MI Al-Fatih NW Prentek. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini terdiri dari dua siklus dengan empat pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelas VI dengan jumlah siswa 7 orang. Hasil penelitian menunjukkan terjadinya peningkatan pada keterlaksanaan pembelajaran dengan persentase 3,25%, sedangkan pada hasil belajar siswa terjadi peningkatan sebesar 14,28%. Selain itu, siswa memberikan respon yang baik terhadap pembelajaran dengan menggunakan metode Permainan Edukatif.Abstract:This study aims to describe implementation of Educational Play Methods in Scientific Approach to improve student learning outcomes of class VI students at MI Al-Fatih NW of Prentek. The type of research is Classroom Action Research (CAR). This research consisted of two cycles with four meetings. The subjects in this study were students of class VI with a total of 7 students. The results showed that an increase in the feasibility of learning with a percentage of 3.25%, while in student learning outcomes, there is an increase of 14.28%. In addition,students give a good response toward learning by using Educational Play methods.  

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

elementary

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal elementary merupakan jurnal yang memuat naskah atau hasil penelitian di bidang Pendidikan Dasar yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) FKIP UM Mataram dan terbit pertama kali Januari 2018. Jurnal Elementary diperuntukan untuk mempublikasikan tulisan Dosen ...