Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan panduan praktikum IPA sederhana SD berorientasikan lingkungan sekitar yang dikembangkan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif untuk mengetahui kelayakan panduan praktikum yang dikembangkan. Analisis data pada penelitian ini menggunakan validitas isi (content validity) oleh ahli materi, ahli media, dan pendidik terkait kelayakan dari panduan praktikum. Ahli materi dan ahli media berjumlah masing-masing 2 orang dari dosen pendidikan IPA dan pendidik masing-masing berjumlah 2 orang dari guru SD. Adapun instrumen pada penelitian ini adalah berupa angket yang dianalisis dengan skala likert. Total skor hasil penilaian dari ahli dan pendidik dikonversi menjadi data kualitatif dengan skala lima, yaitu amat baik (A), baik (B), cukup baik (C), kurang baik (D), dan kurang baik sekali (E). Hasil penelitian menunjukkan kelayakan dari panduan praktikum IPA sederhana SD berorientasikan lingkungan sekitar berkualifikasi baik (B) dari penilaian oleh ahli dan pendidik. Berarti panduan praktikum tersebut telah layak untuk diterapkan dalam pembelajaran praktikum.
Copyrights © 2020