Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak (JIPA)
Vol 4, No 6 (2019): Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak (JIPA)

UPAYA GURU DALAM MENGAJAR TATA CARA SHALAT DI KELAS B

M. Jamil, Ibrahim (Unknown)
Suryani, Suryani (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Feb 2020

Abstract

Penelitian ini berjudul upaya guru dalam mengajar tata cara shalat di kelas TK B dengan rumusan masalahnya adalah bagaimanakah upaya guru dalam mengajar tata cara shalat di kelas TK B. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru dalam mengajar tata cara shalat di kelas TK B dengan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah semua guru yang mengajar di TK B yang berjumlah 8 orang guru. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan menggunakan teknik dokumentasi, observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian tentang upaya guru dalam mengajar tata cara shalat di kelas B maka dapat disimpulkan bahwa guru mengajarkan dan membimbing anak-anak tentang tata cara shalat yang benar dalam seminggu dua kali pertemuan. Guru yang mengajarkan tata cara shalat kepada anak dengan sangat telaten dan penuh kesabaran. Guru bekerja sama dengan guru yang lain dan dilakukan dengan bertahap dan dilaksanakan di sekolah yaitu di ruangan dan di luar kelas. Mengajarkan tata cara shalat, guru juga mempraktekkan secara bersama-sama dengan siswa. Guru mengawasi setiap gerakan tata cara shalat yang dilakukan siswa. Setelah selesai melaksanakan tata cara melaksanakan dengan bersama-sama langkah selanjutnya guru mengevaluasi setiap siswa dengan cara memanggil 5 orang siswa untuk praktek di depan kelas dengan kriteria satu orang siswa menjadi imam dan empat orang menjadi makmum. Kata Kunci: Upaya Guru, Mengajar, Tata Cara Shalat

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jipa

Publisher

Subject

Religion Humanities Education

Description

Mempublikasikan berbagai artikel ilmiah bidang Seni Humaniora baik Sosial, pendidikan, Bahasa, Seni, Agama, dan lainnya yang berhubungan dengan ilmu ...