Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan yang positif dan signifikanantara: kebiasaan belajar dengan prestasi belajar IPA, minat belajar dengan prestasi belajarIPA, dan kebiasaan belajar dan minat belajar dengan prestasi belajar IPA. Jenis penelitianyang digunakan adalah penelitian deskriptif korelatif dengan pendekatan kuantitatif.Populasi dalam penelitian ini adalah siswa/i kelas VIII SMPK Wawonato tahun pelajaran2016/2017. Pada penelitian ini pengambilan sampel dilakukan dengan system randomsampling dan untuk menentukan besarnya sampel dengan menggunakan tabel krecjiemorgan. Sampel yang diambil sebanyak 35 siswa. Ada 2 teknik pengambilan data dalampenelitian ini yaitu teknik angket dan teknik dokumentasi. Data dianalisis menggunakan ujiF dan uji t. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikanantara: kebiasaan belajar dengan prestasi belajar IPA. Hal ini terbukti dengan hasil analisisdata yaitu thitung > ttabel yakni 1,779 > 1,692 pada taraf signifikan 0,05 dan dk = 33; minatbelajar dengan prestasi belajar IPA. Hal ini terbukti dengan hasil analisis data yaitu thitung >ttabel yakni 2,195 > 1,692 pada taraf signifikan 0,05 dan dk = 33; serta kebiasaan belajar danminat belajar dengan prestasi belajar IPA. Hal ini terbukti dengan hasil analisis data yaituFhitung > Ftabel yakni 49,82 > 3,29 pada taraf signifikan 0,05.
Copyrights © 2017