cover
Contact Name
Yasinta Embu Ika
Contact Email
sinta83ika@gmail.com
Phone
+6281238607106
Journal Mail Official
melkycitra15@gmail.com
Editorial Address
Jl. Sam Ratulangi Kampus 1 Universitas Flores Kel. Paupire Kec. Ende Tengah Kab. Ende Propinsi NTT Telp. (0381) 21094 Fax. (0381) 21536
Location
Kab. ende,
Nusa tenggara timur
INDONESIA
Optika : Jurnal Pendidikan Fisika
Published by Universitas Flores
ISSN : 27158063     EISSN : 27162729     DOI : https://doi.org/10.37478/optika
Core Subject : Science, Education,
OPTIKA adalah jurnal yang mengkomunikasikan kemajuan ilmiah di bidang pendidikan fisika dan ilmu fisika. OPTIKA juga melaporkan temuan baru yang signifikan terkait dengan pendidikan sains (IPA) pada tingkat dasar dan menengah, termasuk: pengembangan media pembelajaran, pengembangan metode pembelajaran, penerapan metode pembelajaran, dan beberapa aplikasi fisika.
Articles 231 Documents
PENINGKATAN KEDISIPLINAN SISWA DENGAN TEKNIK MODELLING PADA SISWA KELAS VII B SMP NEGERI 4 GOLEWA KABUPATEN NGADA Theana Apolonia
OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika Vol. 3 No. 1 (2019): Jurnal Dinamika Sains
Publisher : Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Flores

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (306.123 KB) | DOI: 10.37478/optika.v3i1.92

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana tingkat kedisiplinan siswa dalam menaati tata tertib dengan teknik modelling. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian siswa kelas VII B SMP Negeri 4 Golewa. Hasil penelitan diperoleh tingkat kedisiplina siswa dengan teknik modelling mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II dengan tiga aspek yang diteliti yaitu aspek pemahaman tentang peraturan yang berlaku pada siklus I dan siklus II ada peningkatan. Dimana siklus I 68% dengan kategori sedang, siklus II 80% dengan kategori tinggi serta peningkatan prestasinya sebesar 12%. Untuk aspek sikap mental yang baik, siklus I 65% dengan kategori sedang, siklus II 77% dengan kategori tinggi dan peningkatan prestasinya sebesar 12%. Sedangkan untuk aspek kesungguhan dalam menaati tata tertib siklus I 67 % dengan kategori sedang, siklus II 79% dengan kategori tinggi, peningkatan 12 %.
IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MELATIH KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMA Yasinta Embu Ika
OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika Vol. 2 No. 1 (2018): Jurnal Dinamika Sains
Publisher : Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Flores

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (562.064 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatansaintifik dalam meningkatkan keterampilan proses sains siswa kelas XISMA tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan jenispenelitian eksperimen dengan pre-experimental design dan model oneshotcase study. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XISMA dengan sampel yaitu siswa kelas XI IPA 1 yang diperoleh denganteknik purposive sampling. Data yang diperoleh peneliti berupa nilaiketerampilan proses sains dengan analisis data yang digunakan adalahuji-t satu sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatansaintifik berpengaruh signifikan terhadap peningkatan keterampilanproses sains siswa kelas XI IPA 1 SMA tahun pelajaran 2016/2017. Halini dibuktikan dengan hasil analisis data pengujian hipotesis diperoleht hitung 0,163 > t tabel 1,699 dengan alfa5% dan dk = 29.
KARTU ASAM-BASA SEBAGAI INOVASI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS XI SMA PADA REAKSI PEMBENTUKAN GARAM Yulius Dala Ngapa
OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika Vol. 2 No. 1 (2018): Jurnal Dinamika Sains
Publisher : Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Flores

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (617.331 KB)

Abstract

Reaksi pembentukan garam merupakan materi yang komplek dengantingkat kesukaran yang cukup tinggi, memerlukan pemahaman yangbaik tentang senyawa asam dan basa. Penulisan rumus kimia dan tatanama haruslah sesuai dengan aturan yang ditetapkan oleh IUPAC.Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkanaktivitas belajar siswa menggunakan inovasi media pembelajaranberupa kartu asam-basa. Adapun langkah-langkah yang dilakukanantara lain: identifikasi masalah, pengumpulan data dengan caraobsevasi, hasil tes, angket, dan wawancara. Ketercapaian KKM secaraklasikal mencapai 90,90%, hal ini menyatakan bahwa media kartuasam-basa sebagai inovasi media pembelajaran layak digunakan dalamproses pembelajaran. Tingkat aktivitas rata-rata siswa selama prosespembelajaran tercapai hingga 90,13%. Respon guru dan siswaberdasarkan wawancara dan angket terhadap penggunaan mediatersebut positif. Oleh karena itu, penggunaan kartu asam-basa sebagaiinovasi media pembelajaran pada materi asam,basa, dan garam dapatmeningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa di SMAK Taruna VidyaEnde.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VIII SMPS KELIMUTU ENDE TAHUN PELAJARAN 2018/2019 Bergitha La; Melkyanus B.U. Kaleka
OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika Vol. 3 No. 1 (2019): Jurnal Dinamika Sains
Publisher : Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Flores

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (395.175 KB) | DOI: 10.37478/optika.v3i1.108

Abstract

Penelitiaan ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Swasta Kelimutu Ende melalui model pembelajaran problem solving. Penelitian ini termasuk jenis penelitin tindakan kelas yang terjadi dalan dua siklus, dimana setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi, dimana setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII dengan jumlah siswa sebanyak 35 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dengan soal tes sebanyak 5 butir. Selanjutnya data dianalisis menggunakan teknik analisis data secara deskriptif. Hasil analisis menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran problem solving dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Swasta Kelimutu Ende tahun pelajaran 2018/2019. Hasil ini terbukti dari peningkatan presentasi ketuntasan hasil belajar siswa, dimana apda siklus I sebesar 69%, meningkat pada Siklus II sebesar 86%.
RAGAM IMPLEMENTASI MATERI LOKAL MELALUI KOMPONEN-KOMPONEN PEMBELAJARAN DALAM PEMBELAJARAN SAINS Maria Waldetrudis Lidi
OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika Vol. 3 No. 1 (2019): Jurnal Dinamika Sains
Publisher : Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Flores

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (317.017 KB) | DOI: 10.37478/optika.v3i1.109

Abstract

Materi lokal dapat diimplementasikan pada komponen-komponen pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan. Materi lokal dapat diterapkan melalui model terpadu (integrative) yakni melekat dan terpadu dalam program-program kurikuler, kurikulum dan atau pada mata pelajaran yang ada dan pada proses pembelajaran. Ragam implementasi materi lokal pada pembelajaran sains yang teruji secara empiris dapat meningkatkan kompetensi siswa adalah melalui komponen media, bahan ajar, sumber belajar, dan model pembelajaran. Materi lokal yang digunakan telah memenuhi kriteria dari komponen-komponen pembelajaran tersebut
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA KULIAH BOTANI TUMBUHAN RENDAH Melania Priska; Veronika P. S. M. Wae; Ludovicus Carvallo
OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika Vol. 3 No. 1 (2019): Jurnal Dinamika Sains
Publisher : Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Flores

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (307.338 KB) | DOI: 10.37478/optika.v3i1.110

Abstract

Masa transisi dari tingkat sekolah menengah atas (SMA) ke bangku perguruan tinggi menyebabkan mahasiswa sering mengalami kesulitan dalam membedakan berbagai jenis tumbuhan tingkat rendah dengan hanya berdasarkan pada konsep teoritis saja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran terhadap peningkatan prestasi belajar mahasiswa pendidikan Biologi. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester 2 program studi pendidikan Biologi yang berjumlah 40 orang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes yaitu pre test dan post test yang dilihat dari hasil akhir ujian semester 2 (dua) tahun akademik 2018/2019. Hasil penelitian menunjukkan hasil post test lebih tinggi dari hasil pre test yaitu 82,13. Hasil ini didukung pula oleh nilai thitung > ttabel, yakni 44,370 > 2,023 pada taraf signifikansi 0,05 dan df = 39. Berdasarkan nilai thitung, maka dapat disimpulkan bahwa H1 diterima. Dengan demikian, maka penggunaan media pembelajaran pada mata kuliah botani tumbuhan rendah dapat meningkatkan prestasi belajar mahasiswa program studi pendidikan biologi
PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMPN I WOLOWARU KABUPATEN ENDE Jumilah Gago; Ainun Jariyah; Veronika P. Sinta Mbia Wae
OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika Vol. 3 No. 1 (2019): Jurnal Dinamika Sains
Publisher : Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Flores

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (368.62 KB) | DOI: 10.37478/optika.v3i1.111

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik di SMPN 1 Wolowaru Kecamatan Wolowaru Kabupaten Ende, melalui pembelajaran di dalam kelas. Guru merupakan titik sentral, yaitu sebagai ujung tombak di lapangan dalam pengembangan kurikulum. Keberhasilan belajar mengajar antara lain ditentukan oleh kemampuan professional dalam pribadi guru, dikarenakan pengembangan kurikulum berangkat dari dalam kelas, sehingga guru hendaknya mengusahakan gagasan kreatif dalam menerapkan kurikulum di kelasnya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif yang bertujuan untuk memperbaiki kualitas praktik pembelajaran di dalam kelas. Data yang diambil adalah data sikap ilmiah siswa melalui teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif dengan wawancara dan observasi serta keduanya dilakukan pengecekan silang dengan tambahan dokumentasi sebagai data pendukung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tujuh peran yang dilakukan guru-guru dalam meningkatkan motivasi peserta didik di SMPN 1 Wolowaru. Tujuh peran tersebut yaitu; Penggunaan metode dan media pembelajaran yang bervariasi, pemberian tugas yang teratur, pujian (reward), evaluasi yang konsisten, penilaian dalam setiap aspek, dan juga hukuman (punishment).
POTENSI ZEOLIT ALAM ENDE SEBAGAI BAHAN ADITIF SEMEN UNTUK MENINGKATKAN KUAT TEKAN BETON Daniel Wolo; Yulius Dala Ngapa; Ludovicus Carvallo
OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika Vol. 3 No. 1 (2019): Jurnal Dinamika Sains
Publisher : Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Flores

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (567.009 KB) | DOI: 10.37478/optika.v3i1.112

Abstract

Zeolit merupakan suatu mineral anorganik yang memiliki struktur kerangka alumina-silikat dan sering terdapat di tanah vulkanik. Pulau Flores yang merupakan bagian dari cincin api pasifik memiliki kandungan zeolit yang cukup besar, khususnya di kabupaten Ende. Keberadaan zeolit alam ini belum sepenuhnya dimanfaatkan oleh pemerintah daerah, dikarenakan keterbatasan informasi kegunaan dari batuan zeolit serta keahlian untuk mengolahnya. Beberapa pemanfaatan zeolit anatara lain sebagai penukar kation, Pupuk dalam industri pertanian, bahan penyerap bau, sebagai katalis, sebagai bahan campuran beton. Zeolit dapat ditemukan pada batuan tufa yang terbentuk dari hasil sedimentasi atau debu vulkanik yang telah mengalami proses alterasi. Di pulau Flores keberadaan Zeolit sejauh ini diketahui hanya terdapat di kabupaten Ende, lokasi endapan zeolit antara lain terdapat di Khekadado, Desa beremari, Aifua, Puugawa, Ondorea, Tendarea, Kecamatan Nangapenda, Rukurambe, Raporendu, Kecamatan Ende, Nabe dan Nggemo. Secara kuantitas keseluruhan kandungan zeolit alam di kabupaten Ende sebesar 6.115.000 ton, yang terbanyak terdapat di kecamatan Nangapanda sebesar 5.490.000 ton. Salah satu potensi kegunaan zeolit alam Ende adalah sebagai aditif semen. Kandungan mineral aluminat silikat pada zeolit merupakan salah satu faktor utama material ini digunakan sebagai aditif semen.
PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DALAM MENINGKATKAAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI KENAMPAKAN ALAM DI SDN ROJA 1 ENDE SUFIA
OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika Vol. 3 No. 1 (2019): Jurnal Dinamika Sains
Publisher : Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Flores

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (325.355 KB) | DOI: 10.37478/optika.v3i1.113

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan prestasi belajar peserta didik kelas IV setelah diterapkan media gambar dalam pembelajaran IPS di SDN Roja 1 Ende. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media gambar dalam meningkatkan prestasi belajar bagi peserta didik kelas IV SDN Roja 1 Ende dengan menggunakan media gambar. Jenis penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dimana setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Dalam penelitian ini yang menjadi subyek penelitian adalah peserta didik kelas IV yang berjumlah 17 orang terdiri dari laki-laki 9 Orang dan perempuan 8 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi untuk mengamati aktivitas guru dan peserta didik selama pembelajaran berlangsung, dan soal tes untuk mengetahui prestasi belajar dari peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media gambar dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik, terlihat dari hasil belajar yang diperoleh pada siklus I rata-rata kelas mencapai 59,76 dan ketuntasan belajarnya mencapai 41.17% mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 82,41 dan ketuntasannya mencapai 100 %.
PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI SUPERVISOR DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN GURU MATA PELAJARAN IPA PADA SDN ROJA 1 ENDE JAMILAH H. Ali
OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika Vol. 3 No. 1 (2019): Jurnal Dinamika Sains
Publisher : Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Flores

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (292.999 KB) | DOI: 10.37478/optika.v3i1.114

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui; 1) Peran kepala sekolah sebagai supervisor pada SDN Roja 1 Ende, 2) Mengetahui proses supervisi dalam peningkatan mutu pembelajaran guru mata pelajaran IPA pada SDN Roja 1 Ende, dan 3) Mengetahui pandangan guru mata pelajaran IPA terhadap proses supervisi pada SDN Roja 1 Ende. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, yaitu pendekatan yang mencoba memahami pemaknaan individu dari subjek yang diteliti. Subyek penelitian ini terdiri dari key iforman yaitu kepala sekolah sebagai supervisor dan informan yaitu guru mata pelajaran IPA. Dalam mendapatkan data, penulis menggunakan teknik wawancara, dan pengamatan (observasi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1). Peran kepala sebagai supervisor; ( a) Tugas kepala sekolah sebagai supervisor yaitu mengupayakan agar guru-guru lebih serius dan semangat serta bertanggung jawab dalam kegiatan belajar mengajar, (b). Fungsi kepala sekolah sebagai supervisor yaitu memberikan pengarahan, bimbingan, pelayanan dan pengawasan; 2). Proses supervisi pada SDN Roja 1 Ende sudah dijalankan dengan baik oleh kepala sekolah sebagai supervisor baik mulai dari program supervisi, pelaksanaan supervisi, maupun proses tindak lanjut dari hasil supervisi; dan 3) Pandangan guru mata pelajaran IPA sangat membantu dalam meningkatkan mutu pembelajaran serta memberi pengaruh dan perbaikan proses pembelajaran.

Page 1 of 24 | Total Record : 231