Optika : Jurnal Pendidikan Fisika
Vol. 1 No. 1 (2017): Jurnal Dinamika Sains

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK

Daniel Wolo (Universitas Flores)
Melania Priska (Universitas Flores)
Marselina Rena (Universitas Flores)



Article Info

Publish Date
02 Sep 2017

Abstract

Hasil belajar adalah kemampuan-kemampuan yang dimiliki peserta didik setelah ia menerima pengalaman belajarnya. Seorang Guru harus mampu mengkondisikan proses belajar mengajar agar bisa berjalan dengan menyenangkan dan menarik bagi peserta didik Penggunaan model pembelajaran yang tepat diharapkan dapat meningkatkan motivasi dan pemahaman peserta didik akan materi yang telah disampaikan oleh Guru. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan untuk memperbaiki proses pembelajaran terdapat dalam model pembelajaran kooperatif yang melibatkan seluruh peserta didik secara aktif untuk bekerja sama dalam proses pembelajaran. Two Stay Two Stray merupakan salah satu metode pembelajaran kooperatif yang melibatkan peserta didik dari awal sampai akhir kegiatan pembelajaran. Model ini memberikan kesempatan yang sama pada seluruh peserta didik untuk saling bekerja sama dan membagi ide-ide dengan cara berdiskusi mengenai materi pelajaran sampai semua anggota tim memahami materi pelajaran tersebut. Aplikasi model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray, diharapkan dapat membantu peserta didik untuk dapat lebih berani berpendapat sehingga menjadikan peserta didik lebih aktif dan meningkatkan hasil belajar.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

optika

Publisher

Subject

Education Physics

Description

OPTIKA adalah jurnal yang mengkomunikasikan kemajuan ilmiah di bidang pendidikan fisika dan ilmu fisika. OPTIKA juga melaporkan temuan baru yang signifikan terkait dengan pendidikan sains (IPA) pada tingkat dasar dan menengah, termasuk: pengembangan media pembelajaran, pengembangan metode ...