Media Penelitian Pendidikan : Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran
Vol 11, No 1 (2017)

MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI METODE MULTISENSORI PADA KELOMPOK B TK YGWS SEMARANG

Anita Chandra Dewi (Unknown)
Sri Aryanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2017

Abstract

Salah satu aspek penting dalam perkembangan anak adalah perkembangan bahasa.Bahasa memberikan sumbangan yang besar dalam perkembangan anak. Denganmenggunakan bahasa, anak akan tumbuh dan berkembang menjadi manusia dewasayang dapat bergaul ditengah-tengah masyarakat.. Tujuan penelitian ini adalah untukmeningkatkan kemampuan membaca awal anak usia dini dengan menggunakan metodemultisensori di Kelompok B TK YGWS Semarang. Metode yang digunakan adalahmenggunakan metode Penelitian tindakan kelas.Hasil Pembahasannya adalahbelajarmembaca dengan menggunakan metode multisensori untuk anak usia dini dapatmemperbaiki sebagian atau seluruh kesulitan membaca yang dialami oleh anak. Fokusdiarahkan kepada setiap anak secara individual, melibatkan keterlibatan anak secaralangsung dan penuh dengan peragaan. Metode ini juga merangsang semua modalitasyang dimiliki oleh anak (visual, auditori, kinestetik, taktil). Kata kunci: Kemampuan Membaca Awal, Metode Multisensori

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

mediapenelitianpendidikan

Publisher

Subject

Education

Description

Media Penelitian Pendidikan : Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran, dengan nomor ISSN 1978-936X (cetak) dan ISSN 2528-0562 (online) adalah jurnal yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas PGRI Semarang. Media Penelitian Pendidikan : ...