Media Penelitian Pendidikan : Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran
Vol 12, No 1 (2018)

MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENULIS DESKRIPTIF TEKS MENGGUNAKAN FOUR SQUARE WRITING METHOD (FSWM), KELAS X MIPA 6 SMA NEGERI 11 SEMARANG TAHUN AJARAN 2018/2019

Zuyina Masunah (Universitas PGRI Semarang)
Erna Setyawati (SMA Negeri 11 Semarang)
Maria Yosephine (Universitas PGRI Semarang)



Article Info

Publish Date
02 Jul 2019

Abstract

Banyak siswa kurang dalam menulis yang salah satunya disebabkan oleh kebingungan dalam menuangkan ide yang dimiliki. Penelitian Tindakan Kelas ini dimaksudkan sebagai penggunaan Metode Four Square Writing (FSW) untuk mengembangkan kemampuan siswa dalam menulis deskriptif teks di kelas X MIPA 6, SMA N 11 Semarang. Tujuan dari penelitian ini adalah menemukan respon siswa terhadap pelajaran dan mendeskripsikan hasil penerapan Metode FSW. Penelitian ini dilakukan selama tiga kali mencakup tes pra-siklus, tes siklus 1, dan tes siklus 2. Instrumen yang digunakan adalah observasi dan tes. Tes digunakan untuk mengukur kemampuan siswa dalam menulis deskriptif teks setelah diberi perlakuan, dan observasi digunakan untuk memonitor kegiatan siswa selama proses pembelajaran. Data yang diperoleh dianalisis secara qualitatif dan quantitatif. Tes Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan Metode FSW berpengaruh pada respon siswa menjadi lebih aktif dan antusias dilihat dari persentase pengamatan di pra-siklus 40%, siklus 1 71,43%, dan siklus 2 85,71%. Peningkatan respon siswa dalam proses pembelajaran menjadikan kemampuan siswa dalam menulis deskriptif teks pun meningkat. Hasil tersebut dapat dilihat dari hasil tes pra-siklus yang belum memenuhi KKM dengan persentase 11,11%. Dalam setiap siklus terjadi peningkatan yang cukup signifikan dimana hasil dari tes siklus 1 menjadi 63,89% dan tes siklus 2 menjadi 91,67%. Berdasarkan data yang diperoleh, disimpulkan bahwa Metode Four Square Writing dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas X MIPA 6, SMA N 11 Semarang dalam menulis deskriptif teks.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

mediapenelitianpendidikan

Publisher

Subject

Education

Description

Media Penelitian Pendidikan : Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran, dengan nomor ISSN 1978-936X (cetak) dan ISSN 2528-0562 (online) adalah jurnal yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas PGRI Semarang. Media Penelitian Pendidikan : ...