Media Penelitian Pendidikan : Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran
Vol 11, No 1 (2017)

Profil Kesadaran Belajar Mahasiswa Berkemampuan Pemecahan Masalah Tinggi Pada Matakulian Analisis

Ida Dwijayanti (Unknown)
R E Utami (Unknown)
M A Budiman (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2017

Abstract

Tujuan dari penelitian ini ialah untuk memberikan gambaran tentang kesadaran belajar mahasiswa Universitas PGRI Semarang ditinjau dari kemampuan pemecahanmasalah yang dimiliki. Subjek ialah mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas PGRISemarang yang telah mengambil matakuliah Kalkulus 1. Teknik pengumpulan datamenggunakan metode tes dan wawancara mendalam.  Metode analisis data menggunakanmetode deskriprif kualitatif. Sedangkan uji keabsahan data menggunakan kriteriakepercayaan (kreadibility) dengan teknik triangulasi metode. Hasil validitas datamenggunakan triangulasi waktu diperoleh kesimpulan bahwa subyek mampu menunjukan 7fungsi kesadaran, yaitu: Konteks-setting, Adaptasi & pembelajaran, Prioritisasi & fungsiakses, Rekrutmen & control, Pengambilan keputusan & eksekutif, Deteksi & penyuntingankekeliruan, serta Monitor-diri (self-monitoring). Penelitian ini hanya fokus pada kesadaranbelajar mahasiswa dalam pemecahan masalah, untuk itu diperlukan kajian lebih dalam lagimengenai kesadaran belajar mahasiswa dalam proses pembelajaran baik di dalam kelasmaupun di luar kelas.Kata Kunci : Kesadaran Belajar, Mahasiswa, Pemecahan Masalah

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

mediapenelitianpendidikan

Publisher

Subject

Education

Description

Media Penelitian Pendidikan : Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran, dengan nomor ISSN 1978-936X (cetak) dan ISSN 2528-0562 (online) adalah jurnal yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas PGRI Semarang. Media Penelitian Pendidikan : ...