Penelitian ini berjudul ”Analisis Kesalahan Pengunaan Ejaan pada Karangan Siswa Kelas VIII SMP Cut Mutia Banda Aceh”. Permasalahan pada penelitian ini adalah “Bagaimanakah pengunaan ejaan pada karangan siswa kelas VIII SMP Cut Mutia Banda Aceh?” Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh data agar dapat mengetahui bagaimana pengunaan kaidah ejaan yang disempurnakan dalam penulisan karangan pada siswa kelas VIII SMP Cut Mutia Banda Aceh. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Cut Mutia Banda Aceh yang berjumlah 28 siswa. Jumlah populasi relative sedikit sehingga tidak diambil sampel, sehingga penelitian ini merupakan penelitian populasi (total sampling). Hipotesis yang diajukan pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Cut Mutia sudah mampu menulis karangan dengan mengunakan ejaan yang disempurnakan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriftif. Hasil penelitian menunjukan bahwa dari 28 karangan siswa, hanya 3 karangan saja yang tidak banyak terdapat kesalahan pengunaan huruf, dan pengunaan kata. Kesalahan yang paling banyak ditemukan pada karangan siswa meliputi: (1) penulisan huruf kapital, (2) pengunaan kata depan di, (3) pengunaan tanda titik dan tanda koma. Maka, pengujian hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini tidak terbukti kebenarannya atau dengan kata lain ditolak.
Copyrights © 2013