Jurnal Metamorfosa
Vol 2 No 1 (2014)

PENGGUNAAN MEDIA KARTU KATA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK KELOMPOK B TK BUNGONG SELEUPOK UNIVERSITAS SYIAH KUALA BANDA ACEH

Rika Kustina (STKIP Bina Bangsa Getsempena)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2014

Abstract

Salah satu aspek pembelajaran bahasa yang memegang peranan penting pada perkembangan anak usia dini adalah keterampilan berbicara Penelitian ini berjudul Penggunaan Media Kartu Kata dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Kelompok B TK Bungong Seleupok Universitas Syiah Kuala Banda Aceh. Permasalahan yang diungkapkan dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan media kartu kata dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak kelompok B TK Bungong Seleupok Universitas Syiah Kuala Banda Aceh. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan berbicara anak dengan penggunaan media kartu kata pada kelompok B TK Bungong Seleupok Universitas Syiah Kuala Banda Aceh. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang meliputi 2 siklus. Tiap-tiap siklus dilakukan secara terstruktur mulai dari tahapan (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Data penelitian diambil melalui observasi, instrumen observasi berisi aspek-aspek kriteria aktifitas anak terkait dengan penggunaan media kartu kata yang berlangsung dalam PBM. Selanjutnya, data dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media kartu kata, kemampuan berbicara anak meningkat sebesar 36%. Pada siklus I, nilai rata-rata yang diperoleh anak sebesar 48% sedangkan pada siklus II, hasil yang dicapai sebesar 84%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media kartu kata dapat meningkatkan keterampilan berbicara anak khususnya anak kelompok B TK Bungong Seleupok Universitas Syiah Kuala Banda Aceh.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

metamorfosa

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Metamorfosa Journal (e-ISSN 2502-6895 and p-ISSN 2338-0306) is a periodic scientific publication intended for lecturers, students and educational observers to disseminate the results of studies, thoughts and research that are relevant in the fields of language, Indonesian literature and regions. ...