Jurnal Metamorfosa
Vol 3 No 1 (2015)

PENERAPAN MODEL GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA KELAS VII1 SMP NEGERI 17 BANDA ACEH DALAM MENGANALISIS STRUKTUR TEKS EKSPOSISI

Rika Kustina (STKIP Bina Bangsa Getsempena)
Arihan Widowati (STKIP Bina Bangsa Getsempena)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2015

Abstract

Penelitian yang berjudul “Penerapan Model Group Investigation untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Kelas VII1 SMP Negeri 17 Banda Aceh dalam Menganalisis Struktur Teks Eksposisi” bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas VII1 SMP Negeri 17 Banda Aceh dalam menganalisis struktur teks eksposisi dengan penerapan model group investigation dan mendeskripsikan bagaimanakah model group investigation diterapakan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan nontes. Berdasarkan teknik tersebut diperoleh hasil sebagai berikut. Siklus I, untuk hasil belajar siswa tentang analisis teks eksposisi diperoleh nilai rata-rata sebesar 69,81 dengan rincian siswa yang tuntas belajar sebanyak 16 siswa (59,25%) dari 27 siswa, sehingga siswa yang tidak tuntas berjumlah 11 siswa (40,74%). Selanjutnya, pada bagian hasil pengamatan aktivitas siswa selama pembelajaran menggunakan model group investigation diperoleh skor rata-rata 3,38 (67,5%) dan pada pengamatan aktivitas guru diperoleh skor rata-rata 3,66 (73,33%) yang keduanya berada pada kategori baik. Berikutnya, pada siklus II, hasil belajar analisis teks eksposisi diperoleh nilai rata-rata sebesar 82,40 dengan rincian siswa yang tuntas belajar sebanyak 25 siswa (92,59%). Selanjutnya, pada bagian hasil pengamatan aktivitas siswa selama pembelajaran menggunakan model group investigation diperoleh skor rata-rata 4,5 (90%) dan pada pengamatan aktivitas guru diperoleh skor rata-rata 4,54 (90,90%) yang keduanya berada pada kategori sangat baik. Dengan demikian, berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan penerapan model group investigation dapat meningkatkan kemampuan hasil belajar siswa kelas VII1 SMP Negeri 17 Banda Aceh dalam menganalisis teks eksposisi.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

metamorfosa

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Metamorfosa Journal (e-ISSN 2502-6895 and p-ISSN 2338-0306) is a periodic scientific publication intended for lecturers, students and educational observers to disseminate the results of studies, thoughts and research that are relevant in the fields of language, Indonesian literature and regions. ...