Jurnal Metamorfosa
Vol 3 No 2 (2015)

PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP KEMAMPUAN MENYUSUN TEKS CERPEN BERDASARKAN STRUKTUR TEKS PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 17 BANDA ACEH

Rika Kustina (STKIP Bina Bangsa Getsempena)
Marhamah (STKIP Bina Bangsa Getsempena)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2015

Abstract

Pembelajaran bahasa Indonesia khususnya aspek menulis, sering mengalami kesulitan dalam hal pengungkapan ide. Peranan model pembelajaran sangat berpengaruh terhadap permasalahan pembelajaran. Penelitian dengan judul Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Heads Together (NHT) terhadap Kemampuan Menyusun Teks Cerpen berdasarkan Struktur Teks pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 17 Banda Aceh ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dalam materi menyusun teks cerpen berdasarkan struktur teksnya pada siswa kelas VII SMP Negeri 17 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif dengan tipe one group pre tes post test. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 17 Banda Aceh yang berjumlah 247 siswa. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII1 berjumlah 27 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes dan angket. Teknik tes bertujuan untuk mengukur kemampuan siswa dalam menguasai struktur teks cerpen, sedangkan angket bertujuan untuk mengetahui respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran NHT. Selanjutnya, Data dianalisis dengan menggunakan rumus t-hitung. Hasil penelitian menunjukkan nilai-nilai thitung (7,33) > ttabel (2,056)dengan demikian hipotesis yang berbunyi “Model pembelajaran kooperatif tipe NHT berpengaruh terhadap kemampuan menyusun teks cerpen berdasarkan struktur teks pada siswa kelas VII SMP Negeri 17 Banda Aceh” dapat diterima dengan baik.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

metamorfosa

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Metamorfosa Journal (e-ISSN 2502-6895 and p-ISSN 2338-0306) is a periodic scientific publication intended for lecturers, students and educational observers to disseminate the results of studies, thoughts and research that are relevant in the fields of language, Indonesian literature and regions. ...