TUNAS BANGSA
Vol 1 No 1 (2014)

PENERAPAN METODE DEMONTRASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI ULEE GLE PADA PELAJARAN SAINS MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA

Lina Amelia (STKIP Bina Bangsa Getsempena)
Teuku Nailul Munadi (STKIP Bina Bangsa Getsempena)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2014

Abstract

Penelitian ini berjudul: “Penerapan Metode Demontrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siwa Kelas IV SD Negeri Ulee Gle Mata Pelajaran Sains Materi Perubahan Wujud Benda”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa kelas IV di SDN Ulee Gle dalam proses pembelajaran melalui penggunaan metode demonstrasi pada pelajaran IPA materi perubahan wujud. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Ulee Glee sebanyak 25 orang siswa, sedangkan objek penelitian adalah penerapan metode demonstrasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perubahan wujud benda. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data yang diperoleh berupa hasil tes unjuk kerja, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analisis didapatkan bahwa Aktivitas siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai ke siklus II. Hal ini dapat dilihat dari skor rata-rata pada siklus I yang diperoleh sebesar 3,63 (72,60%) dan pada siklus II sebesar 4,38 (87,60%). Siswa terlibat secara aktif dalam pembelajaran dengan penggunaan metode demonstrasi, siswa lebih aktif dalam proses belajar. Aktivitas guru mengalami peningkatan dari siklus I sampai ke siklus II. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata pada siklus I yang diperoleh sebesar 3,64 (72,80%) dan pada siklus II sebesar 4,43 (88,60%). Hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang sangat sigifikan setelah diajarkan dengan menggunakan metode demonstrasi pada materi perubahan wujud benda. Pada siklus I, siswa mendapatkan nilai rata-rata kelas sebesar 67,60 dengan ketuntasan 16 orang siswa (64%) dan pada siklus II, nilai rata-rata yang dicapai sebesar 75,60 dengan ketuntasan sebanyak 24 orang siswa (96%).

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

tunasbangsa

Publisher

Subject

Education

Description

Tunas Bangsa Journal is a periodical scientific publication dedicated to lecturers, students and educational observers to disseminate relevant studies, thinks and research results in the field of primary school education, critical study of teaching and learning for primary school, classroom action ...