Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar mata pelajaran PPKn siswa kelas X AP1 SMK Negeri 1 Sukasada semester genap  tahun pelajaran 2017/2018 dengan penerapan model pembelajaran  Kooperatif tipe Role playing. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas X AP1 SMK Negeri 1 Sukasada tahun pelajaran 2017/2018 semester genap yang berjumlah 30 orang. Data dianalisis menggunakan kuantitaif dan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan terjadi peningkatan hasil belajar PPKn siswa siklus 1 dengan materi ?Wawasan Nusantara dalam konteks Negara kesatuan Republik Indonesia? pada siklus I dengan rata-rata sebesar 74,8  yang termasuk ke dalam kategori kurang, sedangkan ketuntasan klasikal sebesar 30 %. Sedangkan pada materi yang sama siklus II rata-rata PPKn siswa sebesar 85,81 yang termasuk klasifikasi baik, dan ketuntasan klasikal sebesar 100% dari 30 siswa. Dari analisis data di atas model pembelajaran kooperatif tipe Role Playing terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Hasil Belajar PPKn, Model Pembelajaran Kooperatif tipe Role Playing
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2019