Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran
Vol 1, No 1 (2018)

PENGARUH METODE PEMBELAJARAN MATEMATIKA GASING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA

Bayu, Gd Wira (Unknown)
Kusuma, Md Wahyu Kurniadhi (Unknown)
Jampel, I Nyoman (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Aug 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar Matematika antara siswa kelas III yang mendapat perlakuan dengan metode pembelajaran Matematika GASING dan siswa kelas III yang tidak mendapat perlakuan dengan metode pembelajaran Matematika GASING. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan non-equivalent posttest only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SD di Gugus VIII Kecamatan Buleleng Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 125 orang. Sampel diambil dengan cara random sampling yaitu siswa kelas III SD Negeri 1 Paket Agung dan siswa kelas III SD Negeri 2 Paket Agung. Data penelitian dikumpulkan menggunakan metode tes dalam bentuk uraian dengan instrumen tes hasil belajar Matematika. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial (Uji-t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) skor rata-rata hasil belajar Matematika siswa kelas III yang mendapat perlakuan metode pembelajaran Matematika GASING adalah 15,71 yang berada pada kategori sangat tinggi, (2) skor rata-rata hasil belajar Matematika siswa kelas III yang tidak  mendapat perlakuan motode pembelajaran Matematika GASING adalah 13,46 yang berada pada kategori tinggi, (3) hasil analisis uji-t diperoleh (Fhitung = 2,237 dengan sig < ? (0,000<0,05) ini berarti bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar Matematika antara siswa kelas III yang mendapat perlakuan metode pembelajaran Matematika GASING dan siswa kelas III yang tidak mendapat perlakuan menggunakan metode pembelajaran Matematika GASING. Kata-kata kunci: Metode GASING, hasil belajar, Matematika

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JP2

Publisher

Subject

Education Other

Description

JURNAL PEDAGOGI DAN PEMBELAJARAN aims at becoming the publication center of education researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational technology, and educational ...