P2M STKIP Siliwangi
Vol 7, No 1 (2020): Volume 7 Nomor 1, Mei 2020

PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PGSD

Jajang Bayu Kelana (IKIP Siliwangi)
Agni Muftianti (Unknown)
Asep Samsudin (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 May 2020

Abstract

Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan media pembelajaran dalam  meningkatkan keterampilan proses sains dan motivasi belajar mahasiswa PGSD. Metode yang digunakan adalah quasi Eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh mahasiswa PGSD IKIP Siliwangi semester 1. Sampel pada  penelitian adalah 82 orang  mahasiswa . Instrumen yang digunakan meliputi tes, angket,  lembar validasi,  dan lembar observasi. Hasil Penelitian menunjukan bahwa nilai sig. (2-tailed) 0,023 < 0,05, dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian, peningkatkan keterampilan proses sains mahasiswa menggunakan media pembelajaran lebih baik daripada pendekatan konvensional. Hasil angket menunjukan bahwa sebagian besar mahasiswa merasa senang dan bersemangat dalam belajar meskipun ada sebagian yang mengalami kesulitan.

Copyrights © 2020