MEDAN MAKNA: Jurnal Ilmu Kebahasaan dan Kesastraan
Vol 15, No 2 (2017): Vol. 15, No. 2, Desember 2017

THE EFFECT of ROLE-PLAY METHOD IN ENGLISH SPEAKING SKILL of M.Ts. MUHAMMADIYAH No.1 MEDAN STUDENTS on GRADE VIII IN YEAR ACADEMIC 2016/2017

Akmal nfm (STMIK Royal Kisaran, Asahan)



Article Info

Publish Date
12 Jan 2019

Abstract

Penelitian ini difokuskan terhadap keahlian berbicara para siswa M.Ts. Muhammadiyah kelas delapan karena penulis melihat bahwa kemampuan berbicara mereka masih terlalu rendah. role-play adalah sebuah kegiatan dalam kelas yang memberikan kesempatan kepada para siswa untuk mempraktekan bahasa tersebut. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan desain penelitian experimental yang memerlukan tes awal dan tes akhir untuk mengetahui perkembangan mereka dalam berbicara. Dalam experimental, ada kelas control (kelas biasa) dan kelas experimental. Penulis harus membuat perlakuan (treatment) untuk kelas experimental sehingga dapat dilihat perkembangannya setelah melakukan perlakuan (treatment) sebelum mengambil tes akhir (post-test). Dalam penemuan data, penulis telah mendapatkan nilai tes awal dari kelas control dan kelas experimental; nilai rata-rata kelas kontrol adalah 60 dan kelas experimental adalah 63,47. Nilai rata-rata tes akhir; kelas control 65,21 dan kelas experimental 81, 73. Dalam tes awal, nilai terendah baik kelas control maupun kelas experimental adalah 50 dan nilai paling tinggi adalah 80. Dalam tes akhir, nilai paling rendah adalah masih 50 dan paling tinggi adalah 80, tapi dalam kelas experimental, nilai paling rendah adalah 70 dan nlai paling tinggi adalah 90. Nilai dari t-test adalah 5,41 dan itu artinya bahwa 5,41 lebih besar dari 2,66. Akhirnya, tes tersebut lebih tinggi daripada t-table untuk kedua tingkat pengaruhnya. (5.41>2.00 and 5.41>2.66).

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

medanmakna

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Artikel dari hasil penelitian maupun kajian kebahasaan dan kesastraan, baik bahasa/sastra Indonesia, bahasa/sastra daerah, bahasa/sastra asing maupun pembelajaran bahasa/sastra ...