Penelitian ini dilakukan atas dasar pentingnya meningkatkan kemahiran berbahasaIndonesia bagi peserta didik tingkat sekolah dasar. Salah satu sarana untuk meningkatkankemahiran berbahasa itu adalah melalui pembelajaran apresiasi sastra. Penelitian inidilakukan untuk membuktikan apakah ada korelasi antara pembelajaran apresiasi sastradengan kemahiran berbahasa peserta didik tingkat SD. Pendekatan yang digunakan dalampenelitian ini adalah pendekatan kuantitatif korelasional. Dengan jumlah responden 60peserta didik. Kegiatan pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan (1) angketberupa pemahaman bahasa melalui apresiasi sastra, dan (2) langsung terlibat dalamproses pembelajaran di kelas. Dari hasil analisis data tentang korelasi antara kemahiranberbahasa dengan kegiatan apresiasi sastra dengan menggunakan rumus koefisienkorelasi berganda (multiple corelation). Hipotesis awal menunjukkan bahwa semakin baiktingkat apresiasi sastra peserta didik, maka semakin tinggi kemahiran berbahasaIndonesia.
Copyrights © 2020