Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruhpenerapan model problem based learning dan model pembelajaran langsung terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas VIII SMP Negeri 8 Kendari. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 8 Kendari tahun pelajaran 2019/2020 yang terdistribusi dalam 7 kelas.Penentuan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Dari cara tersebut, dipilih 2 kelas sebagai sampel, yaitu kelas VIII4 sebagai kelas eksperimen yang diterapkan model Problem Based Learning dan kelas VIII6 sebagai kelas kontrol yang diterapkan model pembelajaran langsung. Desain penelitian menggunakan Randomized Posttest Only Control Group Design.Data hasil penelitian diperoleh dengan menggunakan instrumen berupa tes kemampuan pemahaman konsep matematis dan lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan terdapat pengaruh yang signifikan penerapan model Problem Based Learningterhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas VIII SMP Negeri 8 Kendari.
Copyrights © 2020