Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Discovery Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VII SMP Negeri 15 Kendari. Jenis penelitian ini yaitu eksperimen semu dengan rancangan posttest only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 15 Kendari yang berjumlah 70 siswa. Sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling. Dari cara tersebut, dipililih 2 kelas sebagai sampel, yakni kelas VII-1 sebagai kelas eksperimen yang belajar dengan model Discovery Learning dan kelas VII-3 yang belajar dengan model Problem Based Learning. Data hasil penelitian ini dikumpulkan melalui pemberian isntrumen tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan lembar observasi.Tenik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan terdapat pengaruh yang signifikan model Discovery Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VII SMP Negeri 15 Kendari.
Copyrights © 2020