Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Logan Avenue Problem Solving (LAPS)-Heuristik terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII SMP L Sidoharjo. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Apakah kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII SMP L Sidoharjo setelah diterapkan model pembelajaran LAPS-Heuristik dikategorikan baik? (2) Bagaimana respon siswa kelas VIII SMP L. Sidoharjo setelah diterapkan model pembelajaran LAPS-Heuristik? (3) Bagaimana aktivitas siswa kelas VIII SMP L Sidoharjo pada saat proses pembelajaran dengan model pembelajaran LAPS-Heuristik?. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VIII SMP L Sidoharjo sebanyak 210 siswa dengan sampel penelitian yaitu kelas VIII.2 berjumlah 33 siswa. Pengumpulan data dengan teknik tes, angket dan lembar observasi. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan uji-t pada taraf signifikan α = 0,05. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan “(1) Kemampuan pemecahan masalah siswa dikategorikan baik dengan rata-rata 73,11. (2) Respon siswa dikategorikan baik dengan rata-rata 76,89%. (3) Aktivitas siswa dikategorikan aktif dengan rata-rata 60,17%.
Copyrights © 2019