Proceeding SENDI_U
2016: SEMINAR NASIONAL MULTI DISIPLIN ILMU DAN CALL FOR PAPERS

PENYELESAIAN SENGKETA AKIBAT PEMAKAIAN PRODUK TEKNOLOGI KESEHATAN PADA LAYANAN KESEHATAN DALAM PERSPEKTIF PERLINDUNGAN KONSUMEN

Yatini, Yatini (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Aug 2016

Abstract

Telah terjadi ketidakjelasan hukum mengenai pengaturan penyelesaian sengketa antara pasien dan dokter , adanyahubungan hukum terapeutik dalam layanan kesehatan. Tujuan penelitian mencari kejelasan hukum penyelesaiansengketa akibat pemakaian produk teknologi kesehatan pada layanan kesehatan dalam perspektif perlindungankonsumen Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Penelitia Hukum Yuridis Normatif karenamenganalisa bahan hukum primer perundang-undangan layanan kesehatan , menggunakan analisis secarapreskriptif analitik dan secara sistematik. Hasil penelitian menujukkan adanya keharusan penyelesaian sengketaantara pasien dan dokter terlebih dahulu melalui mediasi di Majelis Kehormatan Disiplin Kedokteran Indonesiahanya menentukan ada tidaknya kesalahan yang dilakukan dokter dan dokter gigi dalam penerapan disiplin ilmukedokteran dan kedokteran gigi, dan menetapkan sanksi pelanggaran disiplin, sehingga mediasi sebagai alternatifpenyelesaian sengketa di luar pengadilan bersifat sukarela dan mampu menghasilkan putusan yang bersifat win-winsolution belum menawarkan solusi penyelesaian sengketa bagi pasien sebagai konsumen yang memiliki sengketadengan dokter terhadap adanya kerugian pasien, dan hukum kesehatan menyerahkan penyelesaian sengketa perdatadan pidana melalui cara penyelesaian di pengadilan yang seharusnya penyelesaian di pengadilan merupakan carapenyelesaian yang terakhir (Ultimum remidium). Kesimpulan pengaturan penyelesaian sengketa layanan kesehatanyang merupakan lex specialis derogat legi generali hukum perlindungan konsumen belum memberikanperlindungan bagi konsumen.Kata Kunci : Penyelesaian Sengketa, Layanan Kesehatan, Konsumen

Copyrights © 2016