Kemampuan menulis keaksaraan awal dapat dikembangkan pada anak sejak memasuki masa usia dini. Penulis mengkaji judul di atas karena ingin melihat dan menganalisis sejauh mana proses tahap perkembangan menulis keaksaraan awal yang dicapai anak berdasarkan indikator perkembangan menulis yang terjadi di TK Islam Al- Hilal 1 Kartasura. Tujuan dari penelitian ini adalah mengobservasi sejauh mana proses tahapan menulis pada anak TK khususnya kelompok B yang berusia 5- 6 tahun, menganalisis sesuai tahapan perkembangan menulis keaksaraan awal pada anak serta stimulasi tepat yang dilakukan guru guna mengoptimalkan kemampuan menulis keaksaraan awal anak. Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat sebagai wahana pengetahuan dalam peningkatan kemampuan menulis permulaan anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian adalah anak kelompok B usia 5-6 tahun TK Islam Al-Hilal 1 Kartasura yang terdiri dari 22 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kegiatan analisis data yang menggambarkan kenyataan atau fakta sesuai dengan data yang diperoleh. Hasil penelitian yaitu pada tahap perkembangan menulis keaksaraan awal dari 22 anak, pada indikator 1 (kurang=9 anak, cukup=4 anak, dan baik=9 anak), pada indikator 2 (kurang= 9 anak, cukup=5 amak , dan baik=8 anak), pada indikator 3 (kurang=9 anak, 4 anak, dan baik=9 anak), pada indikator 4 (kurang=3 anak, cukup=2 anak, baik= 15 anak,dan sangat baik=2 anak).
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2020